Thursday, August 23, 2007

Karangetang Kembali Muntahkan Lava Pijar

KOMPAS - Kamis, 23 Agustus 2007

Siau Timur, Kompas - Setelah sempat mereda, Gunung Karangetang (1.784 meter) di Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, kembali meletus dan memuntahkan lava pijar, Selasa (21/8) pukul 23.02. Muntahan lava yang disertai suara gemuruh itu mengalir sampai kebun penduduk.
Pengamat Gunung Karangetang Daniel Hinondaleng yang ditemui di Pos Pengamatan Karangetang di Desa Salili, Siau Timur, Rabu, mengatakan, suara letusan terdengar cukup keras sehingga sebagian warga panik dan langsung keluar rumah untuk melihat lava pijar yang keluar dari puncak Gunung Karangetang.
Daniel memperkirakan ketinggian semburan mencapai 400 meter. Setelah letusan terjadi, lava pijar yang suhunya lebih dari 600 derajat Celsius itu meluncur ke Sungai Kahetang dan Sungai Batu Awang. Dari kedua sungai itu, lava terus mengalir ke kebun-kebun warga Desa Bebali dan Kelurahan Tarorane yang berjarak sekitar 2 kilometer. Belum diketahui berapa luas kebun penduduk yang rusak akibat terjangan lava panas itu.
Kepala Subbidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Agus Budianto, yang juga ditemui di Pos Pengamatan Karangetang, mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan masih atau tidaknya Gunung Karangetang mengeluarkan lava dalam beberapa hari ke depan. Tim yang ia pimpin sedang mengevaluasi data terakhir aktivitas gunung itu.
Melihat pola aktivitas atau getaran Karangetang dalam beberapa hari terakhir, kemungkinan gunung api itu akan mengeluarkan lava masih tinggi. (REI)

0 comments: