Saturday, July 07, 2007

Piala Asia 2007: Tim Merah-Putih Indonesia Tak Perlu Takut

KOMPAS - Sabtu, 07 Juli 2007

Jakarta, Kompas - Meski menjadi tim yang kurang diperhitungkan, Indonesia tidak perlu takut menghadapi lawan-lawannya pada Piala Asia 2007. Tim Merah-Putih tergabung di Grup D bersama favorit juara Arab Saudi dan Korea Selatan serta Bahrain yang telah menjelma menjadi salah satu kekuatan di Asia.
"Kalau bisa bermain bagus, kami tidak perlu takut menghadapi kekuatan Arab Saudi maupun Korea Selatan," kata Ivan Kolev, pelatih Indonesia, di Jakarta, Jumat (6/7). "Namun, yang tak kalah penting, kami harus tetap menghargai lawan."
Bahrain akan menjadi lawan perdana Indonesia pada babak penyisihan grup di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/7). Menurut Kolev, para pemainnya tidak perlu berpikir mengenai apa yang akan dilakukan tim lawan. Ponaryo Astaman dan kawan-kawan hanya perlu berpikir bagaimana bermain sebaik mungkin.
Kolev mencontohkan, menghadapi lawan yang memiliki postur tinggi, pelatih bisa saja meminta para pemainnya agar tidak menggunakan umpan-umpan lambung. Namun, tentunya, lawan tidak bisa dipaksa untuk memainkan bola-bola rendah. "Kami harus perpikir bagaimana agar bisa bermain sebaik-baiknya," ujarnya.
Ia menambahkan, bermain sebagai tuan rumah akan memberikan keuntungan tersendiri untuk menambah daya juang para pemainnya. "Saya yakin, para penonton akan memberikan dukungan 100 persen kepada para pemain, mereka adalah pemain ke-12 kami," ujarnya.
Namun, pelatih asal Bulgaria tersebut juga meminta dukungan yang diberikan tidak justru membebani para pemain. "Jangan marah seandainya ada pemain yang berbuat kesalahan. Itu wajar karena semua pemain ingin memberikan yang terbaik," ujarnya.
Kapten Indonesia Ponaryo Astaman menegaskan kesiapan para pemain untuk memberikan yang terbaik. Sebagai tuan rumah, dia mengharapkan para penonton Indonesia bisa memberikan dukungan moral bagi dia dan rekan-rekannya saat berlaga. (ray/sam)

0 comments: