Monday, July 09, 2007

Piala Asia 2007: Suporter Siap Bakar Semangat Pemain

KOMPAS - Senin, 09 Juli 2007

Jakarta, Kompas - Para suporter akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk membakar semangat para pemain Indonesia yang berjuang di ajang Piala Asia 2007. Mereka yakin, pemain Indonesia mampu berbicara banyak di pentas akbar sepak bola Asia itu mengingat mereka tampil di kandang sendiri.
"Kami sudah siap berada di belakang pemain. Kehadiran kami semoga menambah kepercayaan diri mereka, setidaknya mereka tidak sendirian di lapangan," kata Pancoko Sandi, Wakil Ketua Komunitas Suporter Garuda (Kosuga), seusai menyemangati pemain Indonesia saat berlatih di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (8/7).
"Melihat cara mereka berlatih, kami optimistis Indonesia bisa mengatasi lawan-lawannya, termasuk Bahrain di laga pertama," ujar Pancoko. "Pemain jangan ragu untuk memperlihatkan permainan terbaik mereka."
Pancoko belum dapat memastikan jumlah suporter yang akan datang ke Senayan, tetapi ia memperkirakan mereka akan datang dari suporter klub-klub di Indonesia. Faktor suporter ini sering disebut-sebut oleh kubu Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan—tiga lawan Indonesia di Grup D—menjadi kekuatan terbesar Indonesia.
Kejutan tidak mustahil
Pelatih Indonesia Ivan Kolev mengatakan, meski timnya dikatakan terlemah di Grup D, kejutan bukan hal mustahil dilakukan saat menghadapi Bahrain, Korea Selatan, atau Arab Saudi. "Mengapa tidak? Tak ada yang mustahil di sepak bola," katanya menjawab pertanyaan wartawan soal ambisi sejumlah pemainnya yang ingin meloloskan Indonesia ke babak kedua.
Para pemain Indonesia tak perlu kecil hati karena hal tak terduga bisa muncul. Kejutan sudah dihadirkan oleh tim yang dinilai terlemah di Grup B, Vietnam. Dengan dukungan suporter fanatik mereka, tim Negeri Paman Ho itu menjungkirkan prediksi banyak pengamat dengan menaklukkan Uni Emirat Arab, 2-0.
Keyakinan Kolev didasarkan pada latihan keras para pemain Indonesia dalam menghadapi Piala Asia. "Sudah banyak yang kami persiapkan guna menghadapi turnamen ini," kata Kolev.
(SAM/RAY)

0 comments: