Saturday, July 21, 2007

Gumilar, Rektor Baru UI

KOMPAS - Sabtu, 21 Juli 2007

Kampus UI Akan Dijadikan Semacam Mozaik Indonesia

Jakarta, Kompas - Pemungutan suara Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia atau MWA-UI akhirnya memastikan Gumilar R Somantri sebagai rektor baru UI periode 2007-2012. Dari 30 suara MWA-UI, Gumilar mengantongi 25 suara atau lebih dari 85 persen.
Calon lain adalah Sutanto Soehodho (guru besar Fakultas Teknik UI, saat ini Wakil Rektor I UI), meraih 4 suara dan Hasbullah Thabrany (guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI) tidak mendapat suara. Satu suara abstain.
"Saya siap mewujudkan transparansi administrasi keuangan universitas," kata Gumilar kepada wartawan, Jumat (20/7), seusai menerima ucapan selamat dari dosen, karyawan, dan mahasiswa di Balai Sidang UI, Depok. Ia didampingi Ketua MWA-UI Purnomo Prawiro dan Rektor UI Usman Chatib Warsa.
Gumilar yang secara resmi akan bertugas sebagai rektor per 14 Agustus 2007 juga menyinggung rencana UI untuk tetap mewujudkan sosok diri sebagai kampus rakyat. Sejak berstatus badan hukum milik negara, UI banyak disoroti terkait soal tingginya biaya kuliah.
"Saya akan tetap berusaha menjadikan UI sebagai mozaik Indonesia. Siapa saja, termasuk mereka yang kurang mampu dari seluruh Indonesia, harus bisa kuliah di sini," katanya.
Ada beberapa skema yang ia paparkan, di antaranya beasiswa bebas sepenuhnya, bebas sebagian dengan hanya membayar beberapa beban kuliah, bantuan biaya hidup selama kuliah, hingga skema pinjaman lima tahun hampir tanpa bunga. "Tentu prioritas kepada mahasiswa kurang mampu," katanya.
Mengenai sumber pendanaannya, untuk beasiswa sepanjang tahun 2006 saja mencapai Rp 25 miliar, Gumilar menyatakan akan menggalang sumber dana baru. Salah satunya akan bertumpu pada sumber dari kedermawanan sosial (filantropi).
Rektor UI yang masih menjabat, Usman Chatib Warsa, mengatakan, salah satu sorotan penting yang patut terus diperhatikan adalah penyempurnaan manajemen. "Yang paling berat mungkin soal sumber daya manusia, baik kualitas maupun kuantitas," ujarnya.
Gumilar menjadi rektor ke-3 UI (di antara 15 periode jabatan) yang berlatar belakang ilmu nonkedokteran. Dua rektor lainnya adalah Soemantri Brodjonegoro (1964-1973) dan Nugroho Notosusanto (1982-1985). (GSA)

0 comments: