Tuesday, July 17, 2007

Piala Asia 2007: Korsel Tidak Sehebat Masa Lalu

KOMPAS - Selasa, 17 Juli 2007

Jakarta, Kompas - Mantan pelatih tim nasional Sinyo Aliandoe menyatakan, Korea Selatan yang kini ditangani Pelatih Pim Verbeek tidak sehebat dan sekuat pada masa-masa sebelumnya. Ia optimistis pemain Indonesia berpeluang mengimbangi mereka pada laga penentuan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu besok.
"Penampilan Korsel kali ini di luar dugaan. Pola cepat yang biasa mereka peragakan boleh dikata tidak kelihatan sama sekali. Mereka selalu memperlihatkan ball possession (penguasaan bola)," papar Sinyo, Senin (16/7). "Jika cara main mereka seperti itu, pemain Indonesia mampu mengimbangi dan tidak mustahil bisa menang," katanya.
Keyakinan itu juga didasarkan pada semangat pantang menyerah yang diperlihatkan pasukan Merah Putih di dua laga sebelumnya, melawan Bahrain dan Arab Saudi. "Para pemain kita punya skill individu dan kecepatan luar biasa. Ditambah dukungan penonton, kita punya peluang cukup baik," kata Sinyo.
Ia menyarankan agar Ponaryo dan kawan-kawan melupakan catatan kurang baik pertemuan Indonesia-Korsel. Dari lima pertemuan terakhir sejak 1988, Korsel selalu menang. "Itu jangan terlalu dipikirkan. Sekarang, fakta pertandingan berbicara lain," katanya.
Ponaryo pulih
Kubu Indonesia mendapat kabar gembira setelah gelandang Ponaryo Astaman dan Mahyadi Panggabean mulai pulih dari cedera. Keduanya sudah berlatih normal bersama para pemain lainnya.
Kapten Ponaryo bahkan mulai menendang bola dengan keras pada latihan kemarin. Menurut dokter tim, Zaini Saragih, cedera Ponaryo sudah pulih dan ia bisa diturunkan saat melawan Korsel, mengisi posisi Eka Ramdani yang absen karena akumulasi kartu kuning.
Di Padalarang, Jawa Barat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh rakyat memberikan dukungan penuh juga lewat doa.
Presiden berencana menyaksikan kembali laga terakhir tim Merah Putih. Presiden bersyukur sekaligus bangga, kualitas tim Indonesia membaik dan tidak kalah dari tim-tim besar di dunia.
Presiden juga mengajak para pendukung tim Merah Putih untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara meriah sehingga dapat meningkatkan moral para pemain yang mewakili bangsa.(INU/RAY/SAM)

0 comments: