Wednesday, July 18, 2007

Piala Asia 2007: Saatnya Indonesia Mengukir Sejarah

KOMPAS - Rabu, 18 Juli 2007

Jakarta, Kompas - Sekarang atau tidak sama sekali! Inilah waktu tepat bagi Indonesia mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke perempat final Piala Asia dengan menyingkirkan Korea Selatan pada laga penentuan Grup D di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu sore ini.
Kesiapan menghadapi laga hidup-mati melawan Korea Selatan (Korsel) ditegaskan striker Indonesia, Bambang Pamungkas. "Kami menghormati Korsel. Namun, kami tidak takut dengan nama besar Korsel yang telah beberapa kali tampil di Piala Dunia. Kami akan buktikan, kami mampu menandingi mereka," kata Bambang, Selasa (17/7).
Pelatih tim Indonesia Ivan Kolev mengatakan, secara fisik ataupun mental, para pemain Merah Putih telah siap bertarung pada laga tersebut. "Tujuan kami adalah lolos ke babak berikutnya. Para pemain telah siap menghadapi laga ini," ujarnya.
Indonesia akan memakai kostum putih-hijau-putih, sementara Korsel merah-merah-merah. Untuk itu, penonton diharapkan mengenakan atribut warna putih saat mendukung Ponaryo Astaman dan kawan-kawan.
Dari pemantauan Kompas, penonton terlihat sangat antusias ingin mendukung perjuangan tim Merah Putih. Ribuan orang rela mengantre berjam-jam di loket untuk mendapatkan tiket. Namun, antusiasme mereka tak mendapatkan pelayanan layak dari panitia lokal.
Mereka mengeluh sulitnya memperoleh tiket saat petinggi PSSI mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan latihan tim Indonesia di Senayan kemarin sore. "Minta tiket Pak. Kami tak dapat tiket, semua diborong calo," teriak seorang penonton.
Pertahankan semangat
Wapres mengatakan, jika terus mempertahankan semangat, ia yakin Indonesia bisa menang atas Korsel. Keberhasilan menaklukkan lawan akan menjadi momentum luar biasa bagi kebangkitan sepak bola Indonesia.
Mantan Pelatih Persib Bandung, Indra Thohir, mengingatkan para pemain Indonesia agar lebih waspada pada menit rawan di awal babak pertama dan akhir babak kedua. Ia yakin semua tim di Piala Asia bisa dikalahkan, termasuk Korsel. "Saya yakin menang kalau Indonesia bisa menjaga kualitasnya," katanya.
Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya hingga Selasa malam belum memastikan pengalihan lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan menjelang laga itu. (che/nel/ray)

0 comments: