Monday, August 13, 2007

Rel Digergaji, KA Gumarang Anjlok

KOMPAS - Senin, 13 Agustus 2007

Semarang, Kompas - Kereta Api Gumarang tujuan Surabaya menuju Jakarta, Minggu (12/8) malam pukul 22.10, anjlok di antara Stasiun Gubug dan Tegowanu, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, atau sekitar 27 kilometer dari Semarang. Penyebab anjloknya KA ini ialah rel sebelah kiri dari KA digergaji sepanjang 5 meter.
KA Gumarang ini berangkat dari Surabaya sekitar pukul 17.45 dan memasuki lokasi kejadian antara Stasiun Gubug dan Tegowanu sekitar pukul 22.10. Akibat rel di sisi kiri KA hilang sepanjang 5 meter, empat as lokomotif dan tiga kereta terlepas dari rel.
Pelaksana Harian Kepala Humas PT KA Daerah Operasi IV Semarang Warsono saat dihubungi Kompas semalam membenarkan anjloknya KA ini. Namun, ia mengatakan, belum ada informasi terdapat korban jiwa dalam kecelakaan ini.
Untuk itu, katanya, PT KA Daop IV sudah mengirimkan satu kereta NR yang membawa peralatan dan petugas untuk mengatasinya. Daop IV juga sudah meminta bantuan dua crane dari Solo dan Cirebon. Untuk mengevakuasi penumpang, Daop IV mengirimkan kereta rel diesel (KRD).
Terdapat dua kereta api yang akan menyusul KA Gumarang, yaitu KA Sembrani dengan tujuan Surabaya ke Jakarta, berangkat sekitar pukul 19.20, dan KA Argo Anggrek dengan tujuan Surabaya Jakarta yang berangkat pukul 20.15. (GAL/BUR)

0 comments: