Monday, July 30, 2007

Bus Hantam Dua Mobil, Delapan Tewas

KOMPAS - Senin, 30 Juli 2007

Subang, Kompas - Delapan penumpang tewas seketika akibat kecelakaan beruntun di jalur utama Bandung-Subang, tepatnya di Desa Cijambe, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (29/7) sekitar pukul 15.30. Kecelakaan itu melibatkan bus pariwisata, angkutan umum, dan mobil pribadi.
Semua korban tewas adalah penumpang Feroza B 8901 BZ. Tujuh korban beralamat di Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, yakni Nyonya Engkay (37) dan suaminya Ir Mursalim, Irvan (25), Cerli (3), Ajeng (14), Lajuardi (9), serta Fahriza (4). Satu korban lainnya, Nyonya Ai (15), adalah warga Kecamatan Tanjungsiang, Subang, yang juga pembantu keluarga tersebut.
Dua korban lainnya adalah Idat Hidayat (35), sopir bus warga Sugutamu, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, serta Dair (25), kondektur bus. Mereka mengalami luka berat dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Subang.
Ratna, salah satu petugas jaga Unit Gawat Darurat RSUD Subang, mengatakan, lima penumpang bus sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi mereka sudah diperbolehkan pulang.
Menurut Ade (40), saksi mata warga Kampung Cijambe, Desa Cijambe, bus pariwisata Fajar Transport bernomor polisi B 7061 WB yang datang dari arah Bandung menabrak dua kendaraan yang datang dari arah Subang. Setelah menabrak angkutan umum T 1960 HP jurusan Subang-Jalancagak, bus kemudian menghantam Feroza.
"Angkot terlempar keluar jalan dan masuk ke kolam, sedangkan Feroza terseret ke kiri jalan dan tergencet badan bus," tutur Ade.
Rumah milik pasangan Ganjar (50)-Cicih (49) yang berada lebih rendah dibandingkan dengan jalan tertimpa bus dan Feroza, tetapi rumah itu kosong karena sedang direnovasi.
Dair, kondektur bus, memperkirakan rem bus yang dikemudikan Idat blong. Karena itu, bus meluncur kencang di jalan menurun dan berkelok-kelok di sekitar lokasi tersebut.
"Kondisi jalan menikung tajam setelah menabrak angkot sehingga Feroza tertabrak dan terseret ke kiri jalan," ujarnya. (MKN)

0 comments: