Tuesday, July 24, 2007

Antara pilihan kerja atau Keluarga?

Anthony Dio Martin
Managing Director HR Excellency

Tanya:
Salam antusias,
Pak Dio Martin. Baru kali ini saya mengirimkan e-mail kepada Bapak. Terakhir saya mengikuti seminar Bapak tentang How to Be a Star Employee yang sangat menarik.
Saya mempunyai pertanyaan yang cukup menjadi renungan saya beberapa waktu belakangan ini. Ketika sedang berada di toilet hotel, ada bersama saya beberapa ibu yang rupanya juga mengikuti seminar lain di hotel yang sama yang sedang mengobrol.
Topik yang mereka obrolkan cukup menarik dan ada hubungannya dengan How To be a Star Employee tadi. Yang satu sedang menceritakan isi email yang ia terima tentang prioritas hidup melalui perumpamaan satu ember yang diisi pasir, batu dan air.
Ia menyatakan setelah membaca e-mail tersebut ia mengubah prioritasnya, yakni ia harus punya waktu lebih banyak buat keluarga ketimbang untuk kantor, sebab bila terjadi apa-apa dengan keluarganya, kantor tak akan melakukan apapun untuk menolong.
Jauh lebih penting baginya 'mengayakan' keluarganya daripada 'mengayakan' perusahaan. Investasi jangka panjang istilahnya.
Namun karena ia masih perlu uang, maka ia akan tetap bekerja, walau tak sengoyo dulu. Nah Pak Dio Martin, saya jadi berpikir panjang. Bila si ibu itu mengubah prioritasnya, maka akan sukar baginya menjadi karyawan yang Star, sebab sumberdaya yang ia berikan tidak optimal.
Salah satunya, ia tak bisa pulang di atas jam lima sore. Menurut Bapak, bisakah orang memiliki keduanya, yaitu waktu untuk keluarga dan waktu untuk kantor sama baiknya? Atau memang harus memilih?

Novi F. Lasi
HRD Manager sebuah perusahaan distribusi farmasi


Jawaban
Ibu Novi. Masalah memilih antara keluarga atau kerja memang isu dilematis yang klasik. Banyak orang merasa terjebak, khususnya karyawan. Masalahnya, jika ia memilih pekerjaan maka ia harus mengorbankan prioritas bagi keluarganya. Tetapi jika ia memilih keluarga, maka waktunya untuk kerja menjadi tidak maksimal.
Saran saya. Langkah terbaik sebenarnya bukan memilih A atau B, tetapi A dan B. Untuk itu, solusinya tidak terletak pada cara bekerja dan pola pikir yang sekarang dipakai. Einstein mengatakan, "Suatu masalah tidak bisa dipecahkan pada level di mana masalah itu tercipta". Dengan kata lain, kita harus menggunakan level berpikir lain untuk melihat permasalahan ini.
Level berpikir yang dimaksud termasuk memetakan kembali pola kerja kita dalam memprioritaskan waktu untuk tugas kita. Bisa jadi, selama ini teknik pengaturan waktu di kantor begitu inefektif, sehingga menghabiskan banyak waktu. Akibatnya, kita jadi tidak punya waktu untuk keluarga lagi.
Perlu bagi kita untuk melihat ulang secara total, mana waktu yang seringkali tersia-siakan sehingga jadi kehilangan waktu bagi keluarga.
Sama seperti ilustrasi mengenai wadah yang diisi pasir (masalah kecil) dan batu (masalah besar). Kita harus menata ulang. Intinya, harus dimulai dari awal lagi.
Sebagai ilustrasi, pernah terjadi seorang manager wanita yang cukup sukses, setelah menikah masih tetap saja bekerja hingga larut malam. Suatu hari suaminya memberikan ultimatum, "Bekerja hanya boleh sampai jam enam atau keluar saja dari perusahaan untuk mengurusi keluarga".
Dengan ultimatum ini, akhirnya si manager bercerita bagaimana ia terpaksa menata ulang semua pekerjaannya. Toh akhirnya, sudah setahun lebih ternyata ia bisa pulang tepat jam enam. Tetapi semua pekerjaannya bisa selesai. Salah satunya ia cerita, terlalu banyak waktu dihabiskan dengan mencari arsip file-nya yang berantakan, dan ada pekerjaan yang bisa delegasikan.


3 comments:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]adobe photoshop cs4 extended upgrade, [url=http://firgonbares.net/]my oem software[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] 2007 Retail Price microsoft office 2003 pro
cheapest tax software [url=http://firgonbares.net/]xp professional oem software[/url] autocad mechanical
[url=http://firgonbares.net/]nero lite 9[/url] autocad software
[url=http://firgonbares.net/]french educational software[/url] kaspersky 8.0.0.357 key
copyright software canada [url=http://firgonbares.net/]downloadable phone software[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]office 2003 key, [url=http://sunkomutors.net/]Acrobat Pro 8[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] message store software windows vista cd key
microsoft office 2003 key gen [url=http://sunkomutors.net/]nero 9 update[/url] cheapest software anywhere legit
[url=http://sunkomutors.net/]make or buy software[/url] how to install office 2007 enterprise blue edition
[url=http://sunkomutors.net/]Mac WinZip 12 Pro[/url] free windows vista download
adobe acrobat pro 9 serial [url=http://sunkomutors.net/]windows vista drivers[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]legal software canada, [url=http://vonmertoes.net/]1 Mac Box Set[/url]
[url=http://bariossetos.net/][/url] 2009 BPM Studio 4 coreldraw classes colorado
torrent mac filemaker pro 6 [url=http://bariossetos.net/]softwares stores[/url] 1 Mac
[url=http://vonmertoes.net/]adobe photoshop cs4 portable + crack[/url] clothing store software
[url=http://bariossetos.net/]autocad 2009 and symantec anyivirus[/url] discount on adobe software
filemaker pro educational pricing [url=http://hopresovees.net/]filemaker pro 10 basics[/b]