Friday, August 03, 2007

Kinerja Kabinet: Pengganti Ma’ruf di Tangan Presiden

KOMPAS - Jumat, 03 Agustus 2007

Batam, Kompas - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, nama calon menteri pengganti Menteri Dalam Negeri Moh Ma’ruf yang sakit stroke dan dirawat sejak akhir Maret 2007 sudah ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
"Nama (pengganti Mendagri) sudah di tangan Presiden. Saya kira Presiden tinggal tanda tangan saja," ujar Wapres di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (2/8).
Namun, Kalla menolak menyebut siapa calon pengganti dimaksud. Soal latar belakang calon pengganti Ma’ruf, Wapres tidak terlalu mempersoalkan, dari kalangan sipil atau militer. "Penggantinya adalah warga negara Indonesia," kata Kalla.
Sejumlah nama
Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa mengatakan sudah mengetahui kriteria orang yang akan menggantikan posisi Ma’ruf. "Soal namanya, yang tahu hanya Presiden," kata Hatta di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta.
Disinggung nama Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto yang menjadi calon Mendagri, Hatta tak mau menjawab. "Yang tahu Presiden," jawabnya berkali-kali. Nama lain yang disebut-sebut adalah Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi.
Mengenai Sudi, Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng mengatakan, "Tentang Pak Sudi, Presiden sudah mempertimbangkan, tetapi kepastiannya ditunggu saja."
Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, yang ikut dalam rombongan Wapres, saat ditanya soal pengganti Ma’ruf mengaku tidak suka dengan dikotomi sipil-militer. "Lebih baik kita lihat figurnya," ujarnya, sambil menambahkan, figur yang pantas menjadi Mendagri adalah yang tahu soal pemerintahan daerah, bisa mengoordinasi gubernur seluruh Indonesia, dan bisa merespons masalah aktual dalam negeri, seperti calon perseorangan. (INU/HAR)

0 comments: