Monday, June 25, 2007

Sebanyak 100 Wakil Korban Berangkat ke Jakarta

KOMPAS - Senin, 25 Juni 2007

Surabaya, Kompas - Lebih dari 100 warga wakil korban lumpur panas Sidoarjo dari Perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera 1 atau Perumtas 1 berangkat ke Jakarta, Minggu (24/6) sore.
Wakil dari empat desa yang masuk dalam peta wilayah terdampak lumpur juga ikut serta. Mereka berencana berunjuk rasa di Jakarta, Selasa besok.
Ke-100 warga itu merupakan wakil dari ratusan warga korban lumpur yang berkumpul di Stasiun Kereta Api Pasar Turi sejak pukul 12.00.
Sumitro, ketua perwakilan warga yang ikut dalam rombongan, mengatakan, kepergian warga ke Jakarta untuk kedua kalinya ini untuk mendesak pemerintah agar mengambil peran dalam proses pemberian ganti rugi. Ia menilai proses pencairan ganti rugi selama ini terbentur oleh berbagai kendala. Sebelumnya telah disepakati pembayaran ganti rugi kepada korban dilakukan secara bertahap, yakni 20 persen dan 80 persen.
Selain hendak bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden, warga juga berencana bertemu dengan semua ketua komisi yang ada di DPR.
Sudah ke Cikeas
Minggu sore, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tempat kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, menerima 20 warga yang mengaku sebagai wakil dari para korban lumpur panas Lapindo.
Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi dan beberapa anggota kabinet lainnya.
Tidak ada keterangan dari pihak pemerintah seusai pertemuan yang berlangsung tertutup selama 90 menit itu. Para wartawan hanya mendapatkan keterangan antara lain dari Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Jatirejo Khoirul Huda, seusai bertemu dengan Presiden. Ia mengaku dirinya sebagai juru bicara warga korban lumpur. (INU/AB8)

0 comments: