Monday, June 18, 2007

Piala Sudirman: China Taklukkan Indonesia di Final

KOMPAS - Senin, 18 Juni 2007

Glasgow, Kompas - Dominasi China di arena bulu tangkis terus berlanjut. Mereka membawa pulang supremasi kejuaraan bulu tangkis beregu campuran, Piala Sudirman, setelah menaklukkan Indonesia 3-0 di final di Scotstoun International Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu (17/6).
Selain tahun ini, China juga meraih gelar juara tahun 2005, dan empat kali berturut pada tahun 1995, 1997, 1999, dan 2001. Dominasi ini berpeluang dilanjutkan China karena pada kejuaraan dua tahun mendatang, Guangzhou akan menjadi tuan rumah.
Backhand Adriyanti Firdasari untuk mengembalikan drop shot Zhang Ning, yang gagal melewati net, membuat kubu China bersorak. Begitu pula dengan sekitar 2.000 pendukung China dari 3.000 penonton yang hadir di stadion.
Zhang Ning, tunggal putri nomor satu dunia, menjadi penentu kemenangan China setelah mengalahkan Adriyanti Firdasari, 21-16, 21-9, di partai ketiga.
Sebelumnya, China mendapat dua angka dari kemenangan Zheng Bo/Gao Ling di ganda campuran pada partai pertama dan Fu Haifeng/Cai Yun dari nomor ganda putra.
Diiringi teriakan dan bunyi peluit, bendera-bendera China berukuran besar yang dibawa penonton pun dibentangkan. Piala Sudirman, yang berasal dari Indonesia, diterima Manajer Tim China Li Yongbo dari Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia Kang Young-joong.
"Kemenangan ini adalah hasil yang bagus. Kami mengulang sejarah sepuluh tahun lalu ketika menjadi juara di sini. Semua pemain bermain dengan penampilan terbaik," kata Li Yongbo.
Sementara itu, Manajer Tim Indonesia Lutfi Hamid mengatakan, posisi kedua adalah hasil maksimal yang bisa diperoleh Indonesia. "Sejak awal, peluang menang atas China 40:60. Susunan pemain kurang menguntungkan, tetapi apa boleh buat karena diundi," ujar Lutfi. (WAS/IYA)

0 comments: