Friday, June 08, 2007

Adang dan Fauzi Daftar Pilkada

REPUBLIKA - Jumat, 08 Juni 2007 8:05:00

JAKARTA -- Pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dipastikan berlangsung sesuai jadwal. Kekhawatiran semula pilkada hanya diikuti satu pasang calon gubernur (cagub) dan calon wagub tak terbukti.
Hingga masa pendaftaran ditutup pukul 24.00 WIB, dua pasang calon yang diusung partai politik (parpol) telah mengembalikan formulir pendaftaran beserta kelengkapan administrasinya. Demikian pula dengan para calon independen.
Pasangan yang diusung PKS, Adang Daradjatun-Dani Anwar, mengembalikan formulir pendaftaran ke KPUD DKI sekitar pukul 20.00 WIB, sekaligus menjadi pendaftar pertama. Adang-Dani didampingi Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Triwisaksana.
''Kami mendengar berbagai informasi yang mengatakan bahwa ada satu pasangan calon lain yang mendaftar. Karena itu, kami siap ikut serta pilkada,'' kata Triwisaksana memberi alasan. Sehari sebelumnya, PKS sempat membuka opsi menunda pendaftaran Adang-Dani kalau jumlah calon hanya dua.
Cagub, Adang Daradjatun, mengatakan, telah memiliki strategi untuk memenangi pilkada. ''Siapa pun calon yang maju, kita persilakan. Dengan kita mendaftar, berarti kita telah ikuti asas yang ada,'' katanya.
Setelah pasangan Adang-Dani mendaftar, lima calon independen juga mendatangi KPUD untuk mengembalikan berkas formulir pendaftaran. Mereka adalah Kwee Siong Wei tanpa pasangan, Suryanto tanpa pasangan, Mulyo Wibisono-Teddy Suratmadji, Tjuk Sugiarto-HA Widodo, dan Adia Munandar-Rahmadi Mamudi.
Sementara, pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Prijanto datang ke KPUD sekitar pukul 22.20 WIB. Bila pada deklarasi 1 Juni 2007 pasangan itu didukung 13 parpol, saat mendaftar kemarin dukungan bertambah menjadi 20 parpol, termasuk PKB dan PAN. ''PKB pasti mendukung, tapi saat ini sedang menyelesaikan proses administrasinya,'' jelas Foke.
Para pendukung Agum Gumelar, cagub yang didukung PKB, klaim dia, telah mengalihkan suara ke Foke. Latar belakang pencalonannya, kata Foke, karena pilkada kali ini merupakan yang pertama dipilih langsung oleh rakyat. ''Saya berkomitmen untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik, melanjutkan proses pembangunan sebelumnya, dan berusaha memahami aspirasi warga,'' janjinya.
Dia yakin bakal memperoleh dukungan masyarakat Jakarta yang dibuktikan dengan dukungan 20 parpol. ''Saat Pemilu 2004, total suara yang diraih mencapai 75 persen.''
Sekitar pukul 23.10 WIB, calon independen Sarwono Kusumaatmadja-Jeffrie Geovani mendaftarkan diri ke KPUD. Menurut ketua tim sukses Sarwono-Jeffrie, Uncu Natsir, suara yang diraih Sarwono pada Pemilu 2004 sebagai anggota DPD sebesar 455.550 pemilih. ''Jumlah suara ini lebih besar dari Golkar, PPP, PKB, PAN, PDS, dan PBR.''
Ketua KPUD DKI, Juri Ardianto, mengatakan, pihaknya menerima siapa pun yang mendaftarkan diri. Masalah disahkan atau tidak, katanya, itu tergantung hasil verifikasi. ''KPUD rencananya mengesahkan calon kepala daerah resmi beserta pilkada 2007 pada 1 Juli,'' kata Juri.
Kemarin siang, satu pasangan cagub sempat dideklarasikan PKB, yakni Agum Gumelar-Didik Rachbini. Ketua Dewan Syura DPP PKB, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mengklaim pasangan tersebut meraih dukungan 17 persen suara. Meski, Gus Dur tak merinci dukungan parpol, selain PKB dan PAN.
Namun, Ketua DPW PAN DKI, Andi Anshar, menyatakan, dukungan PAN telah dialihkan ke pasangan Foke-Prijanto. Menurut Andi, Agum tak mampu menggalang 15 persen suara hingga pukul 24.00 WIB yang dijadikan syarat oleh PAN. (ind )

0 comments: