Tuesday, June 19, 2007

Lapan Uji Roket di Pameungpeuk

KOMPAS - Selasa, 19 Juni 2007

Garut, Kompas - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan masih tetap menggunakan Instalasi Uji Terbang Roket di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Keberadaan instalasi yang didirikan tahun 1963 ini sering diprotes sekelompok warga setempat karena setiap peluncuran roket kawasan nelayan dan tempat pelelangan ikan di dekatnya harus ditutup minimal sampai empat hari.
Kepala Lapan Adi Sadewo Salatun di Pameungpeuk, Senin (18/6), mengatakan, untuk keperluan uji ilmiah Lapan maupun kepentingan militer, pada tahun 2007 ini masih dilangsungkan rencana peluncuran 13 roket.
"Dari hasil evaluasi sementara, roket yang siap diluncurkan sebanyak 12 buah. Satu roket yang kebetulan memiliki jangkauan paling jauh, sekitar 50 kilometer, memiliki hambatan pada salah satu strukturnya," kata Adi.
Peluncuran roket pada Rabu pagi ini akan diawali sekitar pukul 07.30.
Setelah peluncuran 12 roket, direncanakan ada pula demonstrasi Roket Dextrose sebagai roket dengan jangkauan sekitar 1,5 kilometer berbahan bakar glukosa atau gula.
"Lima belas Roket Dextrose akan didemonstrasikan di hadapan siswa SMA. Tahun depan akan diselenggarakan kompetisi Roket Dextrose tingkat SMA," kata peneliti Lapan, Heri Budi Wibowo.
Lapangan untuk peluncuran roket pada Instalasi Uji Terbang Roket Lapan di Pameungpeuk, menurut Adi, akan dipindahkan sesuai dengan tuntutan warga. Lapan sudah menentukan lokasi baru di Cikelet, sekitar 22 kilometer dari lokasi sekarang. (NAW)

0 comments: