Saturday, June 09, 2007

Perlu Pengorbanan Warga

KOMPAS - Sabtu, 09 Juni 2007

Wapres: Kesempatan untuk Membangun Indonesia Masih Terbuka

Beijing, Kompas - Kemajuan sebuah negara tidak akan pernah terwujud sepanjang kepentingan pribadi lebih besar daripada kepentingan umum. Untuk membangun kembali Indonesia diperlukan adanya pengorbanan dari seluruh warga.
Harapan itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Muhammad Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan pers di Rumah Tamu Diaoyutai, Beijing, China, Kamis (7/6) malam. Kemarin, Wapres diterima PM China Wen Jiabao di Balai Agung Rakyat.
"Sekarang ini kita sering melihat bagaimana sebuah pembangunan yang jelas ditujukan untuk kepentingan umum tidak bisa berjalan karena terbentur kepentingan pribadi. Coba lihat pembangunan jalan tol Cikunir yang terhenti karena satu-dua pemilik rumah menolak untuk melepaskan tanahnya," kata Wapres.
Jusuf Kalla mengakui bahwa dalam sebuah pembangunan memang ada yang akan dirugikan. Dalam kaitan itulah, warga yang dirugikan diberi penggantian yang memungkinkan mereka untuk hidup lebih baik.
Namun, di sisi lain, menurut Wapres, jangan lalu atas nama hak warga menginginkan apa yang menjadi kemauannya sendiri. Tidak mau peduli terhadap kepentingan masyarakat yang lebih besar.
"Kita tidak akan pernah bisa membangun negeri kita sepanjang kepentingan pribadi lebih kuat dari kepentingan umum. Marilah kita sama-sama membangun kembali negeri ini dan semua orang harus rela untuk mau berkorban," kata Wapres penuh harap.
Jusuf Kalla mengajak semua pihak untuk melakukan refleksi terhadap sembilan tahun reformasi yang telah dijalankan. Sejauh ini bangsa Indonesia memang telah maju untuk mengembangkan demokrasi. Namun, di sisi lain, bangsa Indonesia alpa untuk membangun negerinya sehingga tertinggal oleh bangsa-bangsa lain.
Menurut Wapres, pemerintah berupaya untuk mendorong terus pembangunan. Pembangunan infrastruktur, seperti jalan, pengairan, dan pembangkit listrik akan dipacu agar perekonomian negeri bisa bergerak kembali.
"Kita harus berupaya agar perekonomian bisa tumbuh lebih dari 7 persen. Kalau kita bisa melakukan itu, kita akan mudah untuk bisa mendorong menjadi lebih tinggi lagi dari itu. Makanya, saya meminta Menteri Pekerjaan Umum untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan seperti trans-Kalimantan. Saya juga minta agar irigasi diperbaiki untuk menopang pertanian," ungkap Wapres. (tom)

0 comments: