Saturday, June 09, 2007

Ratusan Tamu Berdesakan Beri Selamat kepada Soeharto

KORAN TEMPO - Sabtu, 09 Juni 2007

Tamu berdesak-desakan untuk bisa bersalaman dengan Soeharto.

JAKARTA -- Acara ulang tahun ke-86 mantan presiden Soeharto dirayakan di rumah pribadinya di Jalan Cendana, Jakarta Pusat, kemarin. Lebih dari 200 orang menghadiri acara yang dimulai pukul 19.00 tersebut. Tamu berdesak-desakan untuk bisa bersalaman dengan Soeharto.
Salah satu tamu yang hadir, Elza Syarief, menuturkan acara yang dimulai tepat pukul 19.00 itu dibuka dengan kata sambutan oleh putri sulung, Siti Hardijanti Rukmana. "Mbak Tutut mengucapkan terima kasih kepada tamu yang datang dan memohon doa untuk kesehatan Pak Harto," kata Elza tadi malam.
Acara kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh mantan Menteri Agama Quraish Shihab, diikuti nyanyian Panjang Umur oleh para tamu. Selebihnya, para tamu bergantian menyalami Soeharto dan menikmati makan malam seperti nasi kebuli, soto, sate, sup kaki kambing, sushi, sapi muda, dan santapan lainnya.
Elza, yang selalu hadir di acara ulang tahun Soeharto sejak 2000, menuturkan acara tahun ini merupakan yang paling ramai. "Sampai berdesak-desakan untuk bersalaman dengan Pak Harto. Saya sempat didorong dari belakang," kata pengacara Tommy Soeharto ini.
Elza menuturkan acara ulang tahun itu dihadiri semua anak dan menantu Soeharto kecuali mantan istri Tommy, Tata. "Termasuk Bambang dan Halimah," katanya. Halimah mengenakan kebaya biru dan Bambang dengan kemeja biru. "Halimah kelihatan lebih langsing."
Tamu lainnya, Hotma Sitompul, mengatakan kondisi Soeharto tampak cukup sehat. Menurut Hotma, Soeharto hanya duduk di kursi dengan mengenakan batik dan peci hitam. "Masih ada karisma sebagai orang tua yang berwibawa," ujarnya. Soeharto, kata Hotma, selalu menebarkan senyumnya ke semua tamu yang hadir.
Beberapa tamu yang tampak hadir adalah mantan Ketua Dewan Pertimbangan Agung Sudomo, mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim, mantan Jaksa Agung Ismail Saleh, mantan KSAD Soebagyo H.S., dan Wismoyo Arismunandar. Pengusaha Robby Sumampauw dan adik ipar Soeharto, Sudwikatmono, juga tampak hadir.
Selain itu, turut hadir dua menteri Kabinet Indonesia Bersatu, yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta dan Menteri Agama Maftuh Basyuni. Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan istrinya juga hadir.
Kendati acara resmi digelar malam hari, kediaman Soeharto sudah ramai sejak pagi. Menteri Perindustrian Fahmi Idris, misalnya, berbicara empat mata dengan Soeharto pada pukul 09.30 hingga 10.30. "Kami mengobrol yang ringan-ringan saja, seperti masalah kesehatan beliau," ujar Fahmi kepada Tempo melalui sambungan telepon.
TITO SIANIPAR

0 comments: