Thursday, June 21, 2007

PJTKI Siap Bantu Pemulangan

KOMPAS - Kamis, 21 Juni 2007

Majikan Perempuan Ceriyati Sudah Ditahan Kepolisian Malaysia

Bekasi, Kompas - PT Sumber Kencana Sejahtera, perusahaan yang mengirim Ceriyati, menyatakan siap membantu memulangkan Ceriyati dari Kuala Lumpur ke Indonesia. PJTKI ini juga menyatakan siap membantu pengurusan hak-hak Ceriyati, termasuk klaim asuransi.
"Rencananya hari (Rabu) ini saya bertemu Ridwan (suami Ceriyati), tetapi informasi terakhir, Ridwan katanya masih di Jakarta karena dia diajak mendemo Kedubes Malaysia," kata Komisaris Utama PT Sumber Kencana Sejahtera Hendra Yuwono, Rabu (20/6).
Hendra juga mengaku sudah menghubungi Ridwan (39) untuk bersama-sama mengecek kondisi Ceriyati (34), yang sampai kemarin masih berada di Kuala Lumpur. Ia bahkan sudah menugaskan direktur Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI)- nya ke Kuala Lumpur untuk membantu Ceriyati.
Ceriyati berangkat Januari lalu. Untuk penempatan TKI asal Brebes, Jawa Tengah, ini PT Sumber Kencana Sejahtera bekerja sama dengan agen di Malaysia, Kemas Cerah Bhd.
Hendra mengatakan, pihaknya siap membantu memulangkan Ceriyati kepada keluarganya dan bersedia pula membantu mengantar Ceriyati ke Malaysia apabila dia dibutuhkan dalam persidangan terhadap majikannya.
Difasilitasi Migrant Care, Ridwan bersama dua anaknya, Ade Nuriman (15) dan Anggun Wiyana Rizki (5), kemarin mendatangi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta untuk menyampaikan keinginannya bertemu Ceriyati segera. "Kami ingin bertemu dengannya," kata Ridwan seusai bertemu Wakil Duta Besar Malaysia Dato Zainal Abidin.
Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, yang mendampingi Ridwan, mengungkapkan bahwa kedutaan menyatakan kasus Ceriyati tetap ditangani sesuai hukum, tetapi tidak bisa menjamin berapa lama proses berlangsung.
Sudah ditahan
Di Kuala Lumpur, harian The New Strait Times kemarin melaporkan, pihak kepolisian Malaysia telah menahan Ivone Siew (35), majikan Ceriyati binti Dapin yang berusaha melarikan diri melalui jendela dengan menggunakan tali dari sambungan potongan-potongan kain.
Kepala Kepolisian Distrik Kuala Lumpur K Kumaran menyebutkan, Ivone ditahan karena telah dengan sengaja mengurung dan melukai Ceriyati dengan alat- alat yang berbahaya.
Kepolisian hanya menahan Ivone karena pacarnya tidak terlibat. Menurut Ceriyati pun pacar majikannya tersebut justru sangat baik karena sering berusaha menghentikan perlakuan kasar Ivone.
Sebenarnya Ivone sudah minta maaf, Senin lalu, dan menawarkan penyelesaian secara kekeluargaan di luar pengadilan. (JON/COK/LUK/HAR/LAS/HAM)

0 comments: