Thursday, July 12, 2007

Pembantu Indonesia Gantung Diri di Malaysia

KORAN TEMPO - Kamis, 12 Juli 2007

Para pembantu itu sering bekerja dalam waktu yang lama dan kondisi yang keras guna mendapat upah sekitar Rp 1,2 juta sebulan.

ALOR STAR -- Seorang pembantu asal Indonesia kemarin ditemukan meninggal karena gantung diri di rumah majikannya di kawasan Taman Bersatu Jaya, Alor Star, Negara Bagian Kedah, Malaysia.
Kepala Departemen Penyelidik Kriminal Kepolisian Kota Star Mohd Feisal Libertus Abdullah mengatakan perempuan itu diidentifikasi sebagai Sugiarti, 33 tahun, yang sudah bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sana selama tiga tahun.
"Majikannya menemukan dia tergantung di samping tangga rumah dua tingkat itu dengan tali nilon di sekitar lehernya pada pukul 6.45 pagi," kata Feisal.
Polisi sejauh ini tidak mencurigai adanya pelanggaran hukum dalam kasus ini dan menetapkan Sugiarti meninggal secara mendadak. Mayat Sugiarti lalu dibawa ke Rumah Sakit Alor Star untuk penyelidikan lebih lanjut.
Feisal menyatakan perempuan itu dilaporkan telah mengalami depresi selama tiga hari terakhir setelah mengungkapkan bahwa dia punya masalah keluarga di Indonesia.
Orang Malaysia banyak yang bergantung pada tenaga kerja asing yang menjadi pembantu di rumah atau apartemen mereka. Para pembantu itu sering bekerja dalam waktu yang lama dan kondisi yang keras guna mendapat upah sekitar Rp 1,2 juta sebulan.
Ceriyati binti Dafin, pembantu asal Brebes, Jawa Tengah, baru-baru ini menjadi pusat perhatian media di Malaysia setelah mencoba kabur dari apartemen majikannya. Dia tak tahan atas siksaan yang dideritanya.
BERNAMA AFP IWANK

0 comments: