Thursday, July 12, 2007

Kapal Tenggelam di Maluku

KOMPAS - Kamis, 12 Juli 2007

Ambon, Kompas - Kapal penumpang KM Wahai Star yang bertolak, Senin (9/7) pagi, dari Pelabuhan Leksula, Pulau Buru, menuju Ambon, Maluku, tenggelam dihantam gelombang besar di perairan sekitar Pulau Manipa. Hingga Rabu malam, kapal tanker milik Pertamina berhasil mengevakuasi 22 penumpang, termasuk dua korban anak-anak yang tewas.
Pelaksana Harian Administrator Pelabuhan Ambon Karin Tuanaya menjelaskan, Wahai Star seharusnya tiba di Pelabuhan Ambon pada Selasa pagi, tetapi hingga Selasa siang pihak Syahbandar Pelabuhan Ambon tidak bisa melakukan kontak radio dengan kapal tersebut.
Berdasarkan manifes, Wahai Star mengangkut 59 penumpang, termasuk 17 awak kapal dan nakhoda. Sebanyak 26 penumpang naik dari Leksula dan 16 lainnya dari pelabuhan transit Namrole yang juga terletak di bagian selatan Pulau Buru. Karin menduga jumlah penumpang kapal itu lebih banyak karena Wahai Star bisa saja menaikkan penumpang dari beberapa pelabuhan kecil yang dilewati.
Karin menjelaskan, Adpel Ambon tidak bisa mengirimkan kapal untuk mencari Wahai Star karena gelombang laut tinggi, sekitar 4 meter. (ANG)

0 comments: